Perbedaan Sarung Jok dan Jok Paten

Modifikasi interior mobil saat ini semakin berkembang, salah satunya jok mobil. Sudah banyak bengkel pembuatan aksesoris mobil menawarkan atau men jual kulit jok mobil dengan berbagai jenis dan kualitas yang ditawarkan. Sistem pemasangan jok mobil terdapat dua jenis yaitu Sarung Jok dan Jok Paten. Tidak sedikit orang tau mengenai dua perbedaan tersebut, maka dari itu disini saya akan mengulas perbedaan tersebut agar Anda tidak salah memilih pilihan.
Sarung Jok
Sarung jok merupakan cover jok yang tidak bersifat permanen dan pemasangan nya pun cukup mudah, pemilik mobil tidak perlu melepas kulit bawaan mobil. Cara ini merupakan cara cepat dan praktis kalau hanya untuk melindungi cover jok asli dari kotor. Sebelum melakukan pemasangan sarung jok, biasanya jok diukur terlebih dahulu sebelum dijahit dan dibentuk. Harga yang ditawarkan pemasangan sarung jok ini memang terbilang cukup murah namun ada beberapa kekurangan dari menggunakan sarung jok, seperti:
- sarung jok atau cover jok tidak akan mengikuti lekukkan busa atau kontor jok
- tampilan yang dihasilkan terlihat datar dan biasa saja atau malah tidak rapih
- terkadang tidak terlihat pas
- bila tali kendur membuat jok tidak terasa nyaman ketika di duduki
- bila tali atau kancing sarung jok kekencangan atau tidak sesuai dengan jok asli, dapat menimbulkan ke khawatiran jok yang asli malah akan rusak
Namun semua kekurangan itu bisa Anda atasi dengan memilih cover seat maker yang handal dan pemilihan bahan jok yang berkualitas.
Jok Paten
Meskipun harga jual kulit jok mobil paten dibandrol jauh lebih mahal dari sarung jok, jok paten tidak kehilangan peminatnya sedikit pun, terutama untuk para pecinta otomatif apapun akan mereka lakukan demi mendapatkan tampilan mobil yang terbaik. Pemasang jok paten dilakukan dengan melepas cover jok bawaan mobil dan diganti dengan bahan synthetic ataupun genuine leather. Dan pada saat pemasanganpun akan disesuaikan dengan standard pemasangan cover pabrikan mobil tersebut, jadi pola cover jok akan mengikuti kontur dan lekuk busa bawaan mobil sama seperti aslinya. Cover jok ini harus press (tidak longgar), tentunya memberrikan penampilan yang jauh lebih bagus dari hanya sekedar disarungi saja. Selain itu sistem Jok Paten ini Anda dapat memilih model jahitan dan kombinasi warnanya dapat selalu disesuaikan dengan selera dan keinginan pemilik kendaraan sehingga tampil lebih gaya dan eksklusif.
Dari trend modifikasi interior yang ada di Indonesia terdapat beberapa aliran dasar modifikasi, mengikuti trend perkembangan fashion dan desain interior mobil. Secara umum, aliran desain interior mobil terbagi dalam 3 style, yakni Elegan, Sporty dan Fashionable. Aliran gaya ini dibentuk dari gabungan gaya desain dan padu-padan warna. Trend modifikasi dan penggunaan bahan MBtech pada interior mobil kini juga tidak hanya pada jok dan doortrim saja, tetapi mulai merambah pada bagian yang lain. Seperti gear knob cover, steer, dashboard, plafond, lantai dasar, pilar, sound system base, dan aplikasi untuk bidang-bidang yang sudah di box car audio atau ornamen, bahkan ada yang melapisi sebagian sektor eksteriornya untuk menambah penampilan mobil mereka lebih fresh.
Menggunakan jok paten merupakan cara terbaik, secara estetika dan kenyamanan, jenis cover jok mobil paten lebih nyaman dan rapi dari pada cover sarung jok non paten, walaupun harganya masih relatif lebih mahal.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Plus-Minus Mengubah Jok Mobil

Tips Memilih Pelapis Jok yang Nyaman dan Ramah Lingkungan